Model Pembelajaran Ekspositori / Efektivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 4 Barenglor Jurnal Pendidikan Modern - Melalui pembelajaran model ini guru menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik.
model ekspositori ini adalah model pembelajaran dimana guru memberikan penjelasan atau menerangkan kepada siswa dengan cara berceramah. ekspositori ialah pembelajaran yang menekankan pada proses paparan materi secara verbal dari seorang guru kepada kumpulan peserta didik agar peserta didik bisa menguasai pelajaran secara optimal. Pemahaman konsep merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran, karena. ekspositori berarti sebuah penjelasan yang dilakukan oleh seorang guru mengenai sebuah teori atau konsep. Menggunakan model pembelajaran ekspositori digunakan rumus sebagai berikut.
Siswa tidak dituntut untuk menemukan materi itu.
Eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran numbered head together (nht), kelas kelompok eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran think pair share (tps), dan kelas kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi ekspositorin sangat tergantung pada langkah persiapan. Menerapkan metode pembelajaran ips di sd berdasarkan pendekatan ekspositori. Mengubah modus ekspositori siswa hanya menerima informasi secara keseluruhan dari guru ke modus discovery siswa menemukan informasi sendiri. pembelajaran ekspositori seorang guru memegang peranan yang sangat dominan. Metode pembelajaran dengan kuliah merupakan bentuk pembelajaran ekspositori. model pembelajaran ekspositori tidak akan mungkin mengejar tujuan kemampuan berfikir tingkat tinggi misalnya kemampuan untuk menganalisis, mengintesis, dan mengevaluasi sesuatu namun tidak berarti tujuan kemampuan tingkat rendah. Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Dalam strategi ini materi pelajaran disampaikan langsung oleh guru. § menggunakan prinsip pembelajaran resepsi iaitu model pengajaran ekspositori. Global schoolnet (2000) dalam nurohman melaporkan hasil penelitian the autodesk foundation tentang karakteristik project based learning. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cluster random sampling (sugiyono, 2006: ekspositori ialah pembelajaran yang menekankan pada proses paparan materi secara verbal dari seorang guru kepada kumpulan peserta didik agar peserta didik bisa menguasai pelajaran secara optimal.
Tentunya model ekspositori ini mengandung tujuan agar siswa dapat memperoleh pengetahuan dengan baik. Guru secara verbal akan menyampaikan kepada siswa tentang suatu materi pelajaran. Roy killen (1998) menamakan strategi ekspositori ini dengan istilah strategi pembelajaran langsung (direct insruction). Metode / model pembelajaran ekspositori adalah metode / model pembelajaran yang me nekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Setiap tahun matematika diujikan melalui ujian nasional (un) untuk melihat tingkat keberhasilan belajar siswa.
Menerapkan metode pembelajaran ips di sd berdasarkan pendekatan ekspositori.
Menggunakan model pembelajaran ekspositori digunakan rumus sebagai berikut. Siswa tidak dituntut untuk menemukan materi itu. model pembelajaran konvensional adalah model pembelajaran yang umum dilakukan dalam proses pembelajaran, yakni dilakukan dengan cara pendidik menjelaskan dan murid mendengarkan. Strategi pembelajaran ekspositori sama saja dengan metode ceramah dalam proses belajar mengajar. Tentunya model ekspositori ini mengandung tujuan agar siswa dapat memperoleh pengetahuan dengan baik. Dalam strategi ini penyampaian materi disampaikan langsung oleh guru, maka sering juga disebut dengan strategi "chalk and talk" Siswa tidak dituntut untuk menemukan materi itu. Salah satu bentuk metode mengajar yang berlandaskan pendekatan ekspositori adalah metode ceramah. Fokus utama pembelajaran ini adalah kemampuan akademik (academic achievement) siswa. Melalui pembelajaran model ini guru menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik. Seperti yang telah dijelaskan di muka, aliran belajar behavioristik lebih menekankan kepada pemahaman bahwa perilaku manusia pada dasarnya. Dalam strategi ini materi pelajaran disampaikan langsung oleh guru. model pembelajaran langsung ini merupakan bentuk dari pendekatan yang berorientasi kepada guru (teacher centered appproch).model pembelajaran langsung ini sangat ditentukan oleh pendidik, artinya pendidik berperan penting dan dominan dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori.metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Fokus utama pembelajaran ini adalah kemampuan akademik (academic achievement) siswa. Dalam strategi ekspositori, langkah persiapan merupakan langkah yang sangat penting. Oleh karena itu, dalam memilih model pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan. Pengaruh model pembelajaran ekspositori berbantuan scaffolding dan advance organizer terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas x.

Metode / model pembelajaran ekspositori adalah metode / model pembelajaran yang me nekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.
Oleh karena itu, dalam memilih model pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan. Aliran psikologi belajar yang sangat memengaruhi strategi pembelajaran ekspositori (spe) adalah aliran belajar behavioristik. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa project based learning adalah pendekatan pembelajaran yang Menurut killen (dalam sanjaya, 2006) model pembelajaran ekspositori ini sama dengan model pembelajaran. Eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran numbered head together (nht), kelas kelompok eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran think pair share (tps), dan kelas kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi ekspositorin sangat tergantung pada langkah persiapan. Setelah ditetapkan model atau strategi pengajaran yang dikehendaki. Strategi pembelajaran ekspositori merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru (teacher centered approach). Sebagai contoh untuk menerapkan pendekatan ekspositori (metode ceramah) diambil dari kurikulum sd kelas 6 semester ii. Siswa tidak dituntut untuk menemukan materi itu. Agar lebih aktif perlu diberi variasi misalnya dalam menjelaskan digunakan alat peraga (media) yang berupa peserta didik diminta mengamati. Namun, banyak siswa yang mengeluhkan karena sulitnya pelajaran ini. model pembelajaran konvensional adalah model pembelajaran yang umum dilakukan dalam proses pembelajaran, yakni dilakukan dengan cara pendidik menjelaskan dan murid mendengarkan.
Model Pembelajaran Ekspositori / Efektivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 4 Barenglor Jurnal Pendidikan Modern - Melalui pembelajaran model ini guru menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik.. Metode / model pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang me nekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa project based learning adalah pendekatan pembelajaran yang Sebagai contoh untuk menerapkan pendekatan ekspositori (metode ceramah) diambil dari kurikulum sd kelas 6 semester ii. Melalui pembelajaran model ini guru menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik. Agar lebih aktif perlu diberi variasi misalnya dalam menjelaskan digunakan alat peraga (media) yang berupa peserta didik diminta mengamati.
Posting Komentar untuk "Model Pembelajaran Ekspositori / Efektivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 4 Barenglor Jurnal Pendidikan Modern - Melalui pembelajaran model ini guru menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik."